Minggu, 19 Juni 2016

5 cara lebih pintar keluarkan uang


Uang susah didapat. Lebih mudah mengeluarkan uang dari pada mendapatkannya. Maka lebih baik kita sedikit bijak dalam mengeluarkan uang.

Simak empat tips pengeluaran di bawah ini:

1. Buat budget

Budget bekerja sebagai rail yang menentukan jalur pengeluaran kita. Kalau kita tidak punya jalur yang jelas, bisa jadi uang kita berhamburan tidak teratur pengeluarannya. Jika demikian, kita tidak pernah tahu ke mana uang kita perginya, tahu-tahu sudah tanggal tua dan dompet menipis.

2. Rencanakan pembayaran

Sebelum benar-benar harus mengeluarkan uang, alangkah baiknya jika kita telah merencanakannya terlebih dahulu; supaya kita tidak mudah teriming-imingi dengan produk-produk tertentu yang seharusnya tidak perlu kita beli.

3. Jangan belanja berdasarkan emosi hati

Kadang kondisi hati saat berbelanja sangat menentukan seberapa kita bisa menghemat uang. Saat lapar kita bisa belanja berbagai macam makanan karena nafsu makan yang sedang menggila. Padahal kita juga tidak mungkin bisa menghabiskan semua makanan itu.

4. Belanja sendirian

Kalau bisa tidak perlu ajak anak-anak untuk berbelanja. Bisa jadi mereka minta ini dan itu yang membuat Anda mengeluarkan uang yang seharusnya tidak perlu.

5. Selalu bayar kontan

Jauhi kebiasaan berbelanja dengan kartu kredit. Membayar secara kontan jauh lebih murah dari pada kredit karena Anda tidak perlu membayar bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar